Memanjakan Konsumen dengan Pengalaman Langsung

Konsep retail marketing, pemasaran secara ritel, mulai diterapkan Samsung Elektronik Indonesia (SEIN). Retail marketing merupakan sistem pemasaran yang lebih fokus dan mengutamakan pengalaman langsung konsumen.
Untuk mewujudkan langkah itu, SEIN mendirikan Samsung Plaza di Mal Taman Anggrek, Jakarta. Diresmikan pengoperasiannya oleh Sang Jin Park--President dan CEO Samsung Asia, Senin (3/10)--, Samsung Plaza bakal menjadi experience center untuk produk-produk Samsung.
Di Samsung Plaza, konsumen bisa menyaksikan --sekaligus melakukan ujicoba--terhadap produk-produk yang telah dan akan dirilis di pasar. Termasuk di dalamnya produk-produk yang diperkenalkan di luar negeri namun belum masuk ke Indonesia.
Samsung Plaza memang dirancang untuk memberikan edukasi kepada pelanggan Samsung. Namun demikian, tidak berarti arena ini hanya boleh dimanfaatkan untuk pelanggan Samsung saja.
'Samsung Plaza juga bisa dimanfaatkan kalangan media maupun partner Samsung yang lain untuk mengetahui lebih mendalam mengenai teknologi dan produk terbaru Samsung,'' kata Sang Jin Park saat meresmikan Samsung Plaza. Sang Jin Park menambahkan Samsung Plaza akan menampilkan produk-produk premium terbaru. Mulai dari handphone, televisi LCD dan Plasma, monitor layar lebar, camcorder serta gadget digital yang lain. ''Pelanggan Samsung juga bisa memanfaatkan akses internet di tempat ini,'' papar Sang Jin Park.
Samsung Plaza akan lebih berfungsi sebagai pintu utama untuk pusat informasi dan referensi produk. Karena berfungsi sebagai tempat informasi, ia tidak melayanai penjualan produk. Konsumen yang ingin membeli produk, diminta menghubungi gerai Samsung.
Presiden SEIN Lee Bak June mengemukakan menawarkan pilihan produk canggih dan memberikan keleluasaan kepada konsumen, merupakan wujud nyata komiten kepada konsumen. ''Samsung Plaza menampilkan rangkaian produk terkini dengan teknologi canggih serta fitur-fitur yang telah disempurnakan,'' papar Lee Bak June.
Sebagai sentra informasi, tata ruang yang dikembangkan cukup menarik. Display produk dikategorikan berdasarkan area produk. Pada salah satu area, kita bisa menemukan televisi plasma berdiameter 63 inchi yang dilengkapi dengan home theatre systems. Area lain adalah area DLP TV, LCD TV dan Plasma TV.
Di Samsung Plaza digelar semua produk terbaru--termasuk produk-produk yang baru diperkenalkan di luar negeri. Selain monitor dan televisi, kita bisa menikmati dan mencoba DVD, ponsel hingga produk home appliance seperti lemari pendingin side by side, mesin cici front load, AC split maupun floor standing.
Pada area televisi, masing-masing produk disusun dengan konsep matrix dengan berbagai kombinasi horisontal maupun vertikal. Area ini didukung oleh media berupa berupa grafik.
Di tempat ini juga tersedia area khusus untuk member Samsung. Pada area khusus terdapat sejumlah notebook dan personal computer serta akses internet. Member bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan untuk berbagai keperluan.
Selain mengoperasikan sentra layanan informasi produk, pada hari yang sama diresmikan customer service plaza (CSP) ke lima di Indonesia. CSP merupakan one stop solution untuk konsumen. Ia merupakan sentra layanan service, showroom dengan display produk terbaru, disamping layanan informasi produk. ''CSP Tomang, merupakan CSP kelima setelah Pondok Indah, Pancoran, Bekasi dan Tangerang,'' kata IC Lee, Sevice Manager PT SEIN. CSP Tomang juga dilengkapi dengan customer contact center atau call center untuk melayani konsumen melalui telepon.
''Melalui call center kami memberikan aneka layanan. Mulai dari keluhan produk, informasi produk, diler hingga service centre terdekat. Layanan ini bebas pulsa dan bisa diakses seluruh pelanggan di seluruh Indonesia,'' papar IC Lee kemudian.
Call Center CSP Tomang didukung sekitar 200 satuan sambungan telepon dan sistem CIC SAP dan CTI. ''Data konsumen bisa langsung ditayangkan di layar komputer saat konsumen mulai tersambung dengan call agent kami. Selain mudah menghubungi, konsumen langsung dilayani tanpa menunggu koneksi sambungan,'' cerita IC Lee.
Pustaka :
Jahari Tajwini dalam Refrinal. 2007. Memanjakan Konsumen dengan Pengalaman Langsung dalam dalam Marketing for Decision Maker. Kumpulan Artikel dan Kliping. Field Survey Indonesia. Jakarta
Orang tidak bisa memaafkan orang lain sama saja dengan orang yang memutuskan jembatan yang harus dilaluinya, karena semua orang perlu dimaafkan
Thomas Fuller