- Product Leadership
- Operation Excellence
- Customer Intimacy
Perlu kita ingat bahwa Pemimpin Pasar hanya memilih Satu Disiplin Nilai sebagai Diferensiasinya. Meskipun Disiplin Nilai yang lainnya juga harus memenuhi minimum standard tentunya.
Sebagai contoh kita lihat bagaimana Bogasari dengan Operation Excellence-nya yang telah dicapai selama bertahun-tahun sampai mencapai standar level produktivitas dan efisiensi tertentu. Sekarang Bogasari mulai menggeser untuk menaikkan Customer Intimacy mereka melalui Baking Centre, yang didirikan untuk membangun kedekatan dengan pihak yang punya pengaruh dalam industri bakery yaitu para baker. Bagaimana para baker akan lupa kepada perguruannya kalau sejak awal sudah dibekali dengan skill dan knowledge yang diperoleh melalui Baking Centre Bogasari sehingga akan selalu ingat Terigu Produksi Bogasari.
Tentunya tidak semudah membalikkan tangan bagi perusahaan untuk membangun Disiplin Nilai karena ini membutuhkan tekad, komitmen, semangat serta konsistensi dari pemimpin dan manajemen menengahnya untuk membangun infrastruktur, management system, perilaku organisasi sampai kepemimpinan yang harus ditampilkan dalam rangka mencapai Disiplin Nilai yang dipilihnya.
Disiplin Nilai merupakan bentuk dari lomba yang harus anda pilih dan akan mempengaruhi “business design” yang harus direncanakan serta dieksekusi dengan penuh komitmen. Ada kemungkinan pengusaha-pengusaha makanan tidak menyadari bahwa mereka telah memilih Disiplin Nilai tertentu, menjalankan secara sungguh-sungguh sehingga dalam sekian tahun akan terbentuk persepsi kuat di pasar. Sebagaimana Hoka-Hoka Bento yang sangat cocok dengan Operation Excellence berusaha selalu konsisten dengan falsafahnya, anda bisa coba untuk minta mengubah menu dalam paket yang sudah tersedia maka pasti jawabannya “tidak bisa”, itu salah satu ciri perusahaan dengan Disiplin Nilai Operation Excellence. Mereka akan sangat komitmen terhadap konsistensi mutu, rasa, hygiene dan kecepatan layanan serta waktu penyajian yang cepat.
Tentunya setiap perusahaan harus disiplin untuk membangun Proposisi Nilai (Value Proposition) yang ada dalam pilihan Disiplin Nilai mereka karena disitulah letak Differensiasi mereka dibandingkan pesaing. Disiplin Nilai merupakan hal strategis yang harus dipilih perusahaan dan selalu secara konsisten ditingkatkan meskipun seringkali tidak mudah karena pengusaha sering tergiur dengan peluang bisnis disekelilingnya yang menyebabkan Proposisi Nilai mereka tidak membentuk diferensiasi secara kuat di pasar.
Selamat berpikir tentang Disiplin Nilai bisnis makanan atau minuman anda. Ingat Disiplin Nilai tidak cukup hanya dibentuk dengan Iklan atau Publikasi saja. Ini adalah Strategi Bisnis maka semua fungsi akan berkontribusi bukan hanya Divisi Sales atau Divisi Marketing saja.
Pustaka :
Refrinal. 2007. Strategi Bisnis Makanan dan Minuman dalam Marketing for Decision Maker. Kumpulan Artikel. Field Survey Indonesia. Jakarta
Hindari banyak mengeluh dan merintih. Sikap negatif turut mematahkan semangat orang lain.
Edward Linggar